Monday, February 15, 2010

Ning Nong! suara bel rumah di dalam kelas

Pagi-pagi anak-anak di Playgroup sedang beraktifitas, masing-masing di areal kerjanya, tiba-tiba terdengar suara yang keras,'NING NONG' seperti bel di rumah. Anak-anak dengan ekspresi yang heran bertanya pada teacher, 'Siapa datang, Kak?'

Ada apa dengan Bel rumah tersebut di raung TK? Ternyata Raga membawa wireless bel dari rumah, yang akhirnya dipakai oleh anak-anak menjadi aba-aba bagi mreka untuk segera clean up, free choice play time tinggal 5 menit lagi.

Namun siang itu bel dibawa pulang kembali oleh Raga. Tapi keesokan harinya, teacher sudah siap dengan 'jam pasir' Ada yang 1 menit, 3 menit dan 5 menit. Teacher menjelaskan bahwa saat waktu free-choice play sudah tinggal 5 menit lagi, teacher akan meletakkan jam pasirnya dan anak-anak tinggal memperhatikannya.

Teacher : Ok anak-anak tinggal 5 menit lagi...ini perhatikan jam pasirnya ya!
Anak-anak terlihat hilir mudik, dari mainannya ke jam pasir (jam pasir tidak terlalu besar sehingga anak-anak harus menghampirinya untuk melihat sejauh apa pasirnya sudah turun). Untuk beberapa menit terjadi kekacauan. Dinda kemudian menawarkan diri untuk memperhatikan jam pasirnya sambil teman-teman membereskan mainannya jadi tidak ada yang harus hilir mudik kebingungan.

Problem solving yang baik, dan mainan sudah beres sebelum pasir '5 menit' turun semua...

No comments: