Saturday, February 6, 2010

Mexico Bug

Breaking news hari ini adalah bahwa beberapa jenis pohon di Indonesia rusak kena serangga yang disebut mexico bug. Salah satu pohon yang rusak adalah pohon kamboja.

Teacher: Ini gambar pohon frangipani (kamboja) yang habis daunnya, tinggal kerangkanya saja akibat mexico bug. Pohon frangipani adalah pohon dekoratif.
Anak-anak: Dekoratif itu apa, kak?
Teacher: Dekoratif artinya pohon yang digunakan sebagai hiasan, jadi tidak ada buahnya yang bisa dimakan. Di sekolah ada pohonnya, ini bunganya, coba dicium. Setiap anak diberikan kesempatan untuk mencium bunga…’Harum, kak!’ ‘Iya, kak, aku juga punya di rumah’; ‘Kak, di rumahku, bunganya merah’

Teacher menunjukkan daun yang rusak keriting dan daun yang masih baik. ‘Lihat di daun yang keriting ini ada serangga mexico di belakang, yang bentuknya bulat putih.’ Anak-anak bergilir memperhatikan daun dan serangga dengan kaca pembesar. Teacher melanjutkan, ‘penyakit ini menular, dari satu pohon ke yang lain, kira-kira bagaimana ya serangganya pergi dari satu pohon ke pohon yang lain?’
Anak-anak: Dia bisa terbang
Teacher: Iya dibawa angin atau bisa juga dibawa oleh manusia yang memegangnya. Jadi setelah ini kita cuci tangan semuannya ya. Terus, bagaimana kita menghilangkannya?
Yodha : Kak, dibakar aja!
Teacher: Kalau dibakar, pohonnya ikut kebakar dong!
Raga : Diinjak aja pakai besi supaya mati serangganya!
Teacher: Kalau diinjak apakah serangganya bisa mati?
Shazma: Tidak Kak, kan dia kuat seperti semut, diinjak tidak mati!
Teacher: Tapi kalo diinjak, daunnya ikut rusak tidak?
Anak-anak: Rusak, Kak.
Teacher: Kalau menurut berita ini, bisa disemprot dengan campuran air dan sabun. Jadi nanti kalau di rumah pohon kambojanya mulai keriting daunnya, bisa disemprot pakai air dan sabun. Kakak simpan daun-daun ini di areal sains, yang mau memperhatikan daun dan serangganya boleh dengan kaca pembesar. Anak-anak kemudian berkumpul sekitar meja discovery di areal sains dan secara bergilir kembali melihat serangga dengan kaca pembesar.

No comments: