Saturday, February 6, 2010

Breaking News ala Saraswati!

Satu aktifitas baru di kelas adalah ‘breaking news’. Teacher menjelaskan ke anak-anak bahwa mereka bisa membawa berita yang menarik untuk sharing di kelas.
Olla: O iya, aku pernah nonton berita kebakaran
Feli: Kalau aku lihat banjir
Raga: Iga pernah lihat ombak besar di TV
Reno: Iya kemarin ada berita buminya retak
Teacher: Kalau berita yang ada di Koran?
Tiana: Koran itu apa sih?
Teacher mengambil Koran dan menunjukkan kepada anak-anak isi Koran.
Teacher : Siapa yang dirumah suka beli Koran?
Dinda/Shazma : Aku suka langganan Koran
Keisya : Papa aku juga suka beli Koran
Teacher: Mulai besok, bawa ya berita dari Koran, digunting untuk ditempel di papan ‘Breaking News’

Biasanya terjadi diskusi yang menarik seputar berita-berita tersebut seperti saat Dinda membawa beberapa berita mengenai pencemaran lingkungan (diskusi yang berlanjut dapat dibaca pada posting ‘film festival lingkungan’).

Kemarin Teacher membawa berita dari Koran Berani bahwa di Cina, jumlah harimau tinggal 50 karena diburu oleh manusia.
Anak-anak: ‘Aku ngga suka dengan harimau, aku takut’
Teacher: Iya tapi tidak berarti bahwa kita boleh memburu harimau seenaknya. Semua binatang ada manfaatnya untuk lingkungan, jadi kita harus menjaga agar tidak punah.

No comments: