Wednesday, April 10, 2013

Disiplin Ala Murid Saraswati


Suatu hari ada  kehebohan di kelas, kelas sangat ribut,,,,wahh ada apa nih?
Hari itu anak-anak terlihat tidak tertib, mereka tidak berhenti untuk berteriak, berlari di kelas, bahkan bermain pun tidak tertib, banyak balok dan lego yang berserakan dimana-mana.
Bahkan saat English class pun suasana tetap ramai dan ribut, semua anak sibuk untuk berebut bicara.

Keesokan harinya, saat circle time, kejadian sehari sebelumnya dibahas. Teacher mendiskusikan tentang ketertiban di kelas. Disiplin apa yang akan diterima oleh anak-anak bila tidak tertib seperti berbicara sendiri saat teacher sedang bicara, berlari dikelas, berteriak, melempar mainan, tidak tertib dan sebagainya. Lalu teacher bertanya “yang akan mendisiplin teacher atau anak-anak?” lalu mereka serempak menjawab bahwa mereka sendiri yang akan mendisiplin jika tidak tertib dikelas.
Berikut kedisiplinan ala murid-murid Saraswati:
Panji: menyapu halaman
Timi: membersihkan kelas
Abigael: belajar satu hari penuh
Raia: duduk di belakang (ruang makan teacher)
Gian: merapikan mainan
Ekal: membersihkan mainan
Rayn: membaca di quite area
Bu Shoba: duduk di office tidak boleh masuk ke TK
Kak Tri: duduk di depan menggantikan Kak Ros jaga telpon

Itu semua merupakan perjanjian yang mereka (murid saraswati) buat sendiri apabila tidak tertib dikelas. Di Saraswati, banyak sekali hal-hal yang dapat didiskusikan bersama murid-murid, tidak hanya saat dikelas dan saat pelajaran berlangsung, bahkan mendisiplinkan anak-anak pun tetap berdiskusi dan dalam hal ini, mereka sendirilah yang menentukan disiplin apa yang akan diterima apabila tidak tertib maupun melanggar peraturan yang telah disepakati.

No comments: