Tuesday, April 16, 2013

Dari Sabang Sampai Merauke

Saat ini anak-anak Saraswati sedang mempelajari peta dunia. Mereka belajar mengenal berbagai benua di dunia dan dapat menyebutkan dengan tepat nama benua tersebut. Globe, peta, serta puzzle benua a la Montessori disediakan di kelas bagi anak-anak untuk menggunakannya.

Setelah mengenal benua, saatnya anak-anak mengenal berbagai pulau di Indonesia "Dari Sabang Sampai Merauke" ...Teachers sudah menyediakan berbagai gambar dari majalah dan koran yang merupakan ciri khas masing-masing daerah berupa binatang khas, jenis kostum, keindahan alam, kegiatan adat, dan lainnya. Ada juga slide show mengenai ciri khas daerah serta download tari daerah dari you tube yang ditunjukkan pada anak-anak. Wow, ternyata anak-anak cepat sekali hafal nama-nama pulau yang ada di Indonesia ya,,, Anak-anak juga belajar berhitung dalam bahasa daerah, seperti bahasa jawa, sunda, dan bali. Kebetulan ada teman-teman dari UNJ yang sedang melakukan observasi di Saraswati, ikut mengajarkan berhitung dalam bahasa daerah Aceh dan Palembang.Tentunya, tidak lupa anak-anak juga menari tarian daerah serta belajar menyanyikan beberapa lagu daerah. Begitu melekatnya lagu-lagu daerah sampai saat English time, mereka tetap menyanyikan lagu-lagu tersebut. Selain itu, untuk memperkaya materi di kelas, di areal discovery sudah tersedia berbagai alat musik tradisional yang bisa menjadi bahan eksplorasi lebih lanjut bagi anak-anak.

'Saatnya kita menjelajah Nusantara Dari Sabang Sampai Merauke', begitu kata teacher.
Anak-anak yang duduk menyimak penjelasan, memposisikan diri seolah-olah sedang naik pesawat lengkap dengan pilotnya juga lho.

No comments: