Wednesday, February 8, 2012

"Telling Time" a la PG Saraswati



<!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4

‘Telling time’ merupakan salah satu topik yang cukup abstrak bagi anak-anak, apalagi bagi anak-anak playgroup yang masih berusia 3 tahun kebawah. Supaya anak-anak tidak hanya sekedar menghafal tapi memahami konsep waktu, berikut ini aktifitas kreatif yang bermakna bagi anak-anak…

Di Playgroup, teacher menyiapkan selembar kertas, setengahnya berwarna hitam, dan setengahnya putih dan beberapa gambar objek standar (matahari, awan, bulan, dan bintang) untuk ditempel sesuai dengan apakah objek tersebut terlihat di pagi hari atau malam hari. Setelah menjelaskan untuk apa kertas tersebut, teacher berdialog dengan anak-anak…

Teacher: kalo pagi ada apa saja?

Putri : ada matahari (melihat gambar yang sudah disiapkan oleh teacher)

Rayn : ada awan

Teacher: ada apa lagi? Masa sih kalo pagi hari hanya ada matahari dan awan?

Daffa: ada burung (YES! kreativitas berpikir anak-anak sudah mulai terpancing!)

Abi : ada pohon

Teacher: kalo malam ada apa?

Putri: ada bulan

Daffa: ada pasar malam (Betul sekali, Daffa!)

Rayn: ada bintang

Abi: ada kelapa jatuh ke air (Yes! Abi masih ingat cerita, ‘Chicka Chicka Boom Boom’ dan bisa mengasosiasikannya dengan dialog)

Teacher: kalo malam ada burung ngga?

Putri: ngga ada

Daffa: burungnya pulang ke rumah.

Teacher: rumahnya di mana?

Daffa: di awan

Abi: pulang ke sarang

Teacher: Sarangnya di awan?

Abi: Bukan, sarangnya di pohon.

Teacher: kalo malam gelap atau terang?

Rayn: gelap

Teacher: kalo malam di dalam rumah tetap terang, kenapa?

Putri: ada lampu!

Demikian, teacher memancing kreativitas berpikir anak-anak melalui dialog sederhana dan pelajaran ‘Telling Time’ pun menjadi lebih bermakna!

No comments: