Sunday, February 12, 2012

‘Making it fun’ dengan brosur supermarket (Part I)

Mengajar anak ‘membaca, menulis dan berhitung’ dengan cara yang fun tidak perlu dibuat sulit! Banyak hal di sekitar kita yang bisa menjadi bahan ajaran yang menarik buat anak. Contohnya, Brosur Supermarket!..Jangan langsung dibuang tapi ikutilah step-step berikut untuk membuat permainan yang menarik bagi anak. Anda bisa juga melibatkan anak pada setiap stepnya.

  1. Guntinglah gambar-gambar yang ada pada brosur.
  2. Kelompokkanlah gambar-gambar tersebut, misalnya: daging, sayur, buah, makanan ringan, minuman, bahan merawat diri, pembersih, dll.
  3. Siapkan kertas HVS untuk membuat label dari masing-masing gambar dan gunting label tersebut.
  4. Siapkan amplop sebanyak kelompok yang anda buat. Tuliskan judul kelompok di depan amplop.
  5. Masukkan gambar-gambar serta label ke dalam amplop yang sesuai. Misalnya, gambar daging sapi dan ayam beserta label tulisan ‘sapi’dan ‘ayam’dimasukkan ke dalam amplop ‘daging’.
  6. Siapkan karton manila. Sesuaikan ukuran karton dengan banyaknya gambar yang ada.
  7. Tuliskan judul kelompok pada karton. Atur tulisan sehingga ada cukup tempat untuk menempel gambar-gambar dalam setiap kelompok

8. Siap untuk bermain bersama anak! Minta anak membuka amplop yang ia ingingkan, mengeluarkan gambar serta label, dan mencocokkan gambar dan labelnya. Jika anak belum bisa baca, bacakan untuknya sambil menekankan pada bunyi hurufnya, misalnya, ‘a – y – a – m ‘.

9. Kemudian minta anak untuk menempelkan pada karton di tempat yang sesuai. Agar permainan ini bisa diulang, gambar bisa di ‘laminating’ dan diberi perekat ‘velcrow’, agar bisa ditarik dan ditempel berulang kali.

10. Jika anak sudah siap, tambahkan tingkat kesulitan dengan menggabungkan beberapa kelompok dalam 1 amplop.

Permainan ini cocok untuk adik-adik Playgroup (PG) maupun kakak kakak TK karena tingkat kesulitannya bisa diatur. Misalnya untuk adik-adik PG, cukup dengan mengelompokkan dan menempel gambar saja, untuk Kakak TKA, anda bisa membacakan label untuk si anak sambil mengeja hurufnya, dan untuk kakak TKB yang sudah bisa membaca, bisa mencoba menyortir dan mencocokan sendiri. Bisa juga diteruskan untuk melatih kemampuan menulis anak dengan cara melibatkan anak pada step 3 diatas - misalnya untuk TKA, menulis huruf awal dari tiap gambar saat membuat label, sedangkan untuk TKB membantu anda menulis seluruh labelnya.

Apa saja yang terlatih?

  • Kemampuan membaca dan menulis
  • Menambah kosa kata
  • Kemampuan berpikir dasar, yaitu, mengelompokkan
  • Saat ia bermain dengan anak-anak lainnya, ada sosialisasi
  • Saat bermain dengan bunda atau ayah dirumah, ada kedekatan yang meningkatkan kematangan emosional anak
  • Rasa percaya diri anak
  • Ketelitian, kesabaran, dan fokus juga terlatih

Masih Berlanjut lho! Don’t miss part II…

No comments: