Sunday, February 1, 2009

Suasana Belajar Demokratis dan Fleksibel

Hari Jumat, tgl 30 Jan 2009, setelah makan pagi jam 10.00wib, TK B berkumpul di karpet biru untuk ’bermain bahasa’. Tema minggu itu adalah binatang. Kak Herly mengeluarkan secret box yang isinya berbagai model binatang dan gambar-gambar binatang. Moveable alphabet juga sudah siap untuk dipakai. Tidak lama kemudian, anak-anak TK A mulai berdatangan satu per satu mengelilingi…

Kak Herly : Gede, kamu mau bergabung?
Gede : Ya, Kak.
Kak Herly : Izin dulu sama Kak Tri (wali kelas TKA) – Kak Tri, bagaimana, anak-anak
TKA mau bergabung?
Kak Tri : Tanya anak-anak saja, Kak.

Ternyata ada yang mau, ada yang tidak. Kak Tri mengatakan kepada anak-anak bahwa kalau suara terbanyak mau gabung, berarti mereka akan gabung dengan TKB. Lalu Kak Tri menanyakan satu per satu…Gede gabung, Olla gabung, Shazma gabung, Keisya dengan suara yang pelan, mengatakan,’ngga, Kak’, sambil menggelengkan kepalanya. Feli dengan senyumnya yang khas mengatakan gabung.
Kak. Herly ; Ok, semuanya, kita kumpul, tapi kita nyanyi dulu ya..
Dengan suara yang nyaring, anak-anak menyanyikan lagu ‘baa baa black sheep’.
Kak Herly : Ok, kita mulai dengan menyebutkan nama-nama binatang yang ada di kotak rahasia ini ya.

Anak-anak ada yang menyebut dalam bahasa Inggris, dan ada juga dalam bahasa Indonesia. Kak Herly mengarahkan anak-anak untuk memilih satu bahasa, dan bergilir pakai bahasa kedua. Anak-anak memilih untuk menyebutnya dalam bahasa Inggris terlebih dahulu baru dalam bahasa Indonesia. Selanjutnya, kotak rahasia digoyangkan dan anak-anak diminta untuk menebak, binatang apa yang kiranya keluar dari kotak.

Kak Herly : Ok, siapa tadi yang menebak dengan benar….boleh mengambil moveable alphabet
yang sesuai. Anak-anak dengan antusias mengangkat tangannya, ‘Saya, Kak..’

Demikian satu per satu, anak-anak belajar mengeja nama-nama binatang yang ada di kotak rahasia. Setelah mereka semua mendapat giliran, masing-masing anak siap untuk menuliskan nama-nama binatang tersebut di bukunya. Selanjutnya, Kak Herly minta Kak Anna dan Kak Tri untuk membimbing anak-anak dalam kegiatan menulisnya. (dilanjutkan diposting berikut)

No comments: