Sunday, February 1, 2009

Performance Day Surprise

Performance day dengan tema ‘Sing and Dance’ merupakan acara pertama kita di tahun baru 2009. Panggung meriah sudah disiapkan oleh teachers di kelas TK. Display pekerjaan anak-anak di sekolah sudah ditempel sepanjang dinding kelas, maupun dinding di ruang tunggu dan di dinding luar, sehingga orang tua tidak mungkin melewatkannya. Seusai kata sambutan, musik dimulai. Anak-anak sudah tidak sabar untuk tampil di panggung, dimulai dengan lagu ‘Old Mac Donald’, lalu ‘5 little monkeys’. Wah, tapi suaranya koq pada hilang ya?Ayo, sama-sama semuanya suaranya yang keras, ‘5 little monkeys…’, Kak Herly memandu anak-anak. Perlahan-lahan suara anak-anak pun semakin terdengar…semakin pede, sampai-sampai lupa bahwa mereka sedang ditonton oleh parents. Gede, yang berperan sebagai dokter, menyahut dengan jelas dan suara keras, ‘No more monkeys jumping on the bed’.

Saat tari meong, anak-anak (girls) terlihat sangat kompak, bukan hanya dari gerakannya saja, tetapi melebihi dari gerakan menari adalah perasaan kebersamaan yang telah terjalin di antara mereka. Saat sudah di depan dan musik dimainkan, ternyata Olla tidak mau menari. Sambil menari, Dinda dan teman-teman lainnya terdengar membujuknya, ‘Ayo, Olla, nari, La.’ Tidak ada rasa marah pada teman-teman. Mereka juga tidak mengolok Olla karena ia tidak mau menari. Selanjutnya, saat tari piring, Olla sudah tidak perlu bujukan lagi, ia langsung ikut bergerak bersama dengan teman-teman.

Sementara, Tiana (PG) yang belum pernah ikut eskul menari, berdiri paling depan dan dengan antusias dan bebas menari mengikuti gerakan teman-teman yang lain…

Surprise terakhir adalah Ghia (PG) yang biasanya tidak mau tampil atau bergabung jika terlalu ramai, menyanyikan lagu ’Laskar Pelangi’ (bukan hanya sepotong saja, tapi keseluruhan lagu) ditemani oleh kedua kakaknya yang sudah di SD.

Suasana performance sengaja dibuat akrab dan informal, agar anak-anak tidak ragu untuk mengekspresikan diri mereka melalui gerakan tari dan menyanyi. Ternyata, anak-anak sangat menikmati acara tersebut. Pengalaman positif yang mereka dapatkan, berupa kebersamaan (antara teman/orang tua/teachers), perasaan dihargai (display karya dari setiap anak), kesempatan untuk mengekspresikan diri dengan bebas serta dukungan dari orang tua akan membantu membangun percaya diri mereka.
(sayangnya foto tidak dapat dimuat karena format tidak sesuai)

3 comments:

Anna said...

bu, memang formatnya apa?
bisa saya bantu untuk convert?

saraswatipreschool.blogspot.com said...

formatnya 3g, video format yang dibuat pakai hp ericsson..

Anna said...

OK...kalau mau convert 3GP ke AVI, bisa download:
http://tucows.whc.net/files2/Mob3GPcon-setup.zip