Sunday, December 21, 2008

Off to the Post Office



Tgl 20 Nopember yang lalu, murid TK A dan TK B berkunjung ke kantor pos kebun Jeruk. Setelah puas bereksplorasi di kantor pos Saraswati (yang di set-up di Dramatic Play Area), selama sebulan penuh, akhirnya, anak-anak bisa mengalami sendiri bagaimana riilnya sebuah kantor pos. Saat sampai di Kantor Pos Kebun Jeruk, Kepala Kantor Pos sudah siap menyambut anak-anak. Beliau kemudian memberikan penjelasan mengenai bagaimana mengirim surat.

Wah, teryata amplop yang dibawa oleh anak-anak bukan amplop standar pengiriman surat. ‘Ini amplop untuk undangan’, kata Kepala Kantor Pos. ‘O, begitu ya pak, kita beli saja amplop dari kantor pos, sekalian postcardnya agar anak-anak bisa menulis ‘surat’ dan mengirimnya’, jawab Kak Herly. Masing-masing anak mendapatkan 1 postcard dan 1 amplop. ‘Bagaimana, kak, nulisnya?’, tanya anak-anak. Teachers kemudian membantu anak-anak menulis pada postcard. Nanda ingin mengirim surat buat mama, dengan tulisan, ‘Aku sayang mama.’ Vira ingin menulis surat buat aunty. Demikian, ditengah kesibukan orang-orang yang datang ke kantor pos, anak-anak belajar menulis kartu pos buat orang-orang yang mereka cintai. ‘Nama Fendi ditulisnya di belakang amplop, di depan alamat dan nama Mama’, teacher memberi tahu Fendi. Gede sudah membawa surat dari rumah, jadi tinggal dipasang perangko.



Selesai menulis surat, waktunya untuk memasang perangko. Tapi harus dibeli dulu. Anak-anak secara bergilir datang ke petugas untuk membeli perangko. Setelah ditempel, perlu dicap dulu. ‘Ayo, bergilir ke tempat bapak untuk dicap suratnya’. Sekarang surat sudah siap dikirim. Terima kasih Kantor Pos Kebun Jeruk.
Komentar mama Nanda, “Kak, kemarin aku terima surat dari Nanda. Aku terharu sekali baca tulisan AKU SAYANG MAMA. Konsep tema kantor pos bagus banget ya, Kak. Kapan-kapan aku ajak Nanda lagi (ke kantor pos).“

No comments: