Sunday, December 21, 2008

Bereksplorasi dengan magnet



Tgl 11 Nopember yang lalu, Ibu Jovita, bunda dari x-murid Saraswati, mengajak murid-murid TK Saraswati bermain dengan magnet. Ibu Jovita berpengalaman sebagai guru Sains dan Kepala Sekolah di salah satu national plus school yang ternama.
‘Anak-anak, ada yang tahu apa itu magnet?’ tanya ibu Jovita.
‘Itu…bisa nempel’, jawab Gede.
’Bisa narik logam’, lanjut Popo.
‘Iya benar, ini ibu bawa berbagai bentuk magnet,’ ibu Jovita memperlihatkan magnet berbentuk U, dan magnet berbentuk balok kecil maupun yang besar. Kemudian anak-anak diberikan kesempatan untuk mencoba sendiri mendekatkan magnet ke berbagai objek (dari kayu, kertas, maupun logam), dan mengobservasi sendiri yang mana bisa menempel, dan yang mana tidak bisa menempel.
‘Kalo kita deketin magnet, pasti tangan kita bukan logam, tapi kalo sendoknya yang dideketin ke magnet, ditarik’, Gede menyimpulkan observasinya.
‘magnet sama magnet bisa nempel’, Keisya berkata. ‘Tapi yang merah sama merah, ngga mau nempel karena aneh’, lanjut Keisya.
‘Bukan aneh’,Ibu Jovita menjelaskan, ‘itu karena magnet punya dua kutub, N artinya north atau utara, dan S artinya south atau selatan. Jika kutub yang sama berdeketan, magnetnya akan menolak, tapi kalau kutub yang berbeda berdeketan, magnetnya menempel.
Setelah anak-anak puas bereksperimen dengan magnet, ibu Jovita membagikan kertas berwarna. 'Kita mau buat ikan dari kertas berwarna ini'. ’Aku mau buat orang aja’, sahut Feli. ’Iya, boleh yang tidak mau buat ikan boleh buat yang lain.’, jawab ibu Yovita. ’Yang sudah selesai bisa minta paper clip dari ibu, klipnya kita pasang pada karya, kemudian kita dekatkan magnet’, lanjut bu Yovita..’wah, ketarik orang nya’...
Demikian kegiatan eksplorasi dengan magnet berlangsung selama 1 jam dengan reaksi yang begitu antusias dari anak-anak. Terima kasih Bu Jovita.

No comments: