Friday, September 5, 2008

QUIZ QUIZ QUIZ QUIZ ....BERHADIAH

Koq ngga belajar..hanya maen aja?
Sehari-hari di kelas, murid-murid Saraswati terlihat asyiik bermain. Terus kapan belajarnya? Apakah pertanyaan ini sempat terpikirkan oleh orang tua?

Silahkan menjawab dan dapatkan hadiah menarik bagi 3 komentar pertama.

4 comments:

Anna said...

Saya coba jawab ya...

Pertanyaan ini pasti terlontar di kepala beberapa orang tua. Apalagi jika dibandingkan dengan sistem pengajaran jaman dahulu.

Tapi menurut saya,
Untuk anak-anak pre-school, proses belajar itu dapat diperoleh dari kegiatan bermain.

Melalui bermain mereka dapat mengenal konsep bermasyarakat dan bersosialisasi. Juga dapat diselipkan hal hal seperti warna, letter, berhitung dan lain sebagainya.

Proses belajar melalui bermain membuat anak tidak merasa bosan dan ingin belajar lebih banyak.

Semoga berkenan

davinaquinn said...

hai..salam kenal ya..saya mau ikotan juga ksh opini..

mnr saya dunia pdidikan anak saat ini sdh jauh berkembang lbh maju dibandingkan saat saya msh kecil (32th yll). Dimana yg namanya belajar itu adl. berangkat sekolah, mengerjakan PR, dan les.

Sekarang, anak usia dini saja (1thn kebawah bahkan) sdh mulai mengenal proses belajar. Pdidikan sbln preschool saja sdh macam2, ada yg todller, ada yg nursery, dsb.

Mengajarkan anak di usia dini bukanlah hal mudah, makanya melalui proses bermainlah mereka bisa memulai "pelajaran" mereka. Dg bermain, mrk mengenal bentuk suatu benda, mengenal hewan, mengenal warna, mengenal angka, mengenal hurup, dsb.

Proses bermain akan memberikan rasa happy dan daya tangkap yg lbh cepat bagi si anak, menurut saya loh! shg si anak tdk merasa bosan dan akan semakin menimbulkan rasa ingin tahu yg lebih lagi.

Smoga opini saya bisa menjawab ya...

Ina said...

Kalo menurut saya, pertanyaan ini pasti terlintas di pikiran beberapa orang tua, terutama yang merasa telah mengeluarkan biaya yang menurut ukuran kantong mereka "mahal" untuk sebuah pre-school.

Dan menurut saya,
Bermain sambil belajar memang lebih efektif untuk anak-anak pre-school, mereka jadi having fun dan
tidak mudah bosan. Mereka jadi tidak merasa dipaksa untuk melakukan sesuatu yang membuat mereka merasa tidak nyaman.

Melalui bermain pun mereka bisa mendapatkan banyak hal, misalnya mengenal warna, angka, bentuk. Juga kemampuan untuk bersosialisasi satu dengan lainnya.

Terima Kasih

saraswatipreschool.blogspot.com said...

Terima kasih ya komentarya..3 pemberi komentar pertama (anna, davinaquinn, dan ina)dapat mengambil hadiahnya di Saraswati minggu depan ( tgl 22 atau tgl 23 karena tgl 24 Saraswati libur lebaran sampai tgl 13 okt).