Sunday, May 5, 2013

KONSEP BERHITUNG YANG MENYENANGKAN


Suasana berbelanja di Alfamart :
“Aku mau beli ini ah..”
“coba lihat, berapa harganya?”
“cukup ngga uangnya?,ayo kita hitung dulu”
“wah,,,cukup!!!aku mau beli ini”


Itulah sedikit percakapan anak-anak saat berbelanja hari Jum’at lalu. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai rangkaian tema kelas yang sedang membahas tentang mata uang Indonesia yang didalamnya terdapat pelajaran matematika yaitu dengan belajar konsep penjumlahan juga bahasa dengan membaca nama barang yang akan dibeli, misalnya susu,roti,biskuit.

Berangkat dari sekolah, anak-anak sudah siap dengan uang masing-masing yang diberikan oleh orang tua, uang tersebut mereka simpan di dompet yang mereka buat beberapa hari sebelumnya disekolah. Tiba di Alfamart, mereka mengambil keranjang belanja dan langsung sibuk dengan belanjaan masing-masing.

Mereka asik memilah milih apa yang akan dibeli, sibuk berkomentar apakah uang yang mereka bawa itu cukup, bahkan ada yang minta izin ke guru tentang apa yang boleh dan tidak boleh mereka beli. Oiya,,,sebelum berangkat ke Alfamart, sudah ada perjanjiannya lho, apa saja yang boleh mereka beli. Mereka hanya boleh membeli susu, biskuit, roti, selain itu tidak diizinkan.

Setelah selesai memilih susu, roti maupun biskuit yang akan dibeli, mereka langsung menuju kasir untuk membayar. Secara bergantian mereka membayar barang yang mereka beli. Waktu belanja pun selesai saatnya kembali ke sekolah. Tiba disekolah, masing-masing sibuk menghitung uang sisa belanja, dan uang dari sisa belanja mereka masukan ke dalam celengan sebagai tabungan yang nantinya celengan tersebut akan dibawa pulang oleh setiap anak dan diharapkan anak-anak melanjutkan dirumah kegiatan menabung ini.

Di kegiatan ini, anak-anak membawa uang sebesar Rp.10.000 dengan pecahan nominal Rp.5000, Rp.2000, Rp.1000. Dengan uang tersebut, anak-anak berbelanja makanan dan meghitung jumlah barang yang dibeli. Mereka juga menghitung berapa yang harus dibayar, berapa nilai belanjanya, seperti harga susu Rp.2500 + harga roti Rp.3000 =Rp.5500.