Thursday, September 22, 2011

Seputar Kegiatan Saraswati


Di Saraswati kami mencoba untuk membuka wawasan anak seluas mungkin dengan berbagai pengalaman. Maka, untuk berbagai topik yang dibahas di kelas diadakan kunjungan ke tempat-tempat yang relevan. Selama semester ini, sudah 3 tempat yang kami kunjungi bersama, yaitu: Monas dalam rangka hari Kemerdekaan, Kantor Polisi sesuai dengan tema ‘profesi’, dan hanggar pesawat Halim sesuai tema ‘transportasi udara’.

Di Monas, anak-anak mengenakan baju merah putih, menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’, naik kereta, mendengarkan kakak menjelaskan beberapa bagian dari diorama serta naik lift ke puncak Monas, melihat kota Jakarta melalui teropong-teropong yang tersedia, dan berpiknik bersama.

Di Kantor Polisi, anak-anak berinteraksi dengan polwan dan polisi, mereka diperkenalkan pada berbagai rambu lalu lintas dengan aneka warna dan bentuknya, lalu mereka juga keliling naik mobil polisi lengkap dengan suara sirenenya..

Di Hanggar pesawat Halim, anak-anak masuk ke dalam pesawat Fokker yang sering digunakan oleh Presiden dan para pejabat. Mereka juga  melihat dari dekat pesawat Herkules dengan baling-balingnya yang besar, dan menyentuhnya.

Zila bertanya pada petugas: Kenapa pesawatnya keras?
Gian juga ingin tahu apa fungsi pesawat : Ini pesawat apa?
Petugas menjelaskan: pesawat Herkules untuk mengangkut logistik seperti ambulans, dan bisa dibuka dari belakang. Ambulansnya turun dari sini (sambil membuka bagian belakang pesawat)
Daffa sangat terkesan dengan baling-baling pesawat: Wah, hebat! Baling-balingnya ada 4
Abigael : Kak, aku sering naik pesawat..harus pakai seat belt dulu!
Raia : aku suka sayapnya pesawat!
Nabil: Aku suka di dalam pesawat ada dinner dan nonton!
Raynard: Aku ngga seneng pesawatnya nggak ada ACnya!

Pembelajaran apa yang didapatkan oleh anak-anak…tentunya akan berbeda bagi setiap anak sesuai dengan hal yang paling berkesan. Pastinya ada informasi yang terekam dalam memori masing-masing anak, entah itu berkaitan dengan teropong, atau bentuk rambu lalu lintas, ataupun baling-baling dari pesawat Herkules..informasi yang mungkin tidak ia dapatkan jika anak-anak hanya diam di sekolah.

Parents…siap-siap untuk kegiatan berikutnya ya… Parents’ Day dan Outing I
  
Foto album yang lengkap di facebook saraswati preschool…..http://www.facebook.com/#!/profile.php?id=100000680829833

No comments: