Sunday, September 6, 2009

'KERJASAMA' menurut anak-anak

Saat 'Living Values' yang dipandu oleh Kak Herly dan Kak Helen...Najwa tidak mau ikut berpartisipasi, 'Aku ga mau ikut 'living values' aku mau menggambar saja.' 'O, ya sudah tidak apa, sekarang kamu ambil kertas dan krayon saja'. Lalu kelas berlanjut. Kakak menanyakan pada anak-anak apa arti 'kerjasama'.
Shazma: Kalau temannya butuh bantuan kita bantuin.
Tiana: Kalau beresin tempat tidur harus sama-sama.
Nadya: Kalau teman-teman sudah beresin, yang belum beres dibantuin.
Raga: Kalau ada keongnya masuk ke dalam air terus keongnya keluar.
Gede: Gede tahu kerja sama itu apa...kalau ada orang yang butuh bantuan minta tolong terus kita menolongnya, tapi kalau Gede bisa bantu nanti Gede bantuin. Kalau nggak bisa Gede panggil Papa suruh bantuin.
Popo: Kalau temannya ada yang main block terus belum beres kita bantuin.
Ghia: Kalau kakak amin dino sama abang di rumah, aku juga bantu beresin.
Putra: Belum menjawab (masih pikir-pikir dulu)
KEisya: Kalau Mama minta bantuin beresin tempat tidur aku bantuin.
Yodha: Kalau Yodha main, nanti Yodha bantuin beresin.
Dinda: Aku pernah bantuin Papa cuci mobil.
Olla: Aku bantuin mbak beresin kasur.
Feli: Kalau dirumah aku bangun tidur aku beresin.
Aril: Aku kerjasama cuci mobil terus airnya tumpah dibantuin sama ayah.
Tiba-tiba datang Najwa dan ia berkata, 'Aku tahu apa itu kerjasama. Kalau aku bangun tidur aku panggil semua omnya, Om No, Om momo, Om Jeje..kalau aku sudah besar aku mau bantuin Om No buat kue.

No comments: