Monday, September 7, 2009

Eskul lukis tidak hanya gambar dan warnai


Eskul Lukis tahun ajaran ini dipandu oleh Kak Wanti. Wanti lulus dari UNJ dengan bidang khusus seni rupa (fine arts). Sudah banyak karya-karyanya termasuk seni pahat, lukisan dan karya seni lainnya yang dipamerkan di berbagai acara seni di Indonesia. Kak Wanti juga punya pengalaman mengajar seni rupa pada anak-anak.

Selain melatih anak-anak dalam menggambar dan mewarnai menggunakan media krayon, pinsil warna, cat air/acrylic, dan cat alam, Wanti juga akan mengajak anak-anak membuat karya bersama (yang disebutnya multimedia fungsional). Contohnya: anak-anak membentuk dengan adonan serbuk kayu, dan setelah dijemur dan kering, minggu depan akan dicat oleh anak-anak. Menurut Kak Wanti, menggunakan krayon akan melenturkan tangan anak, pinsil warna mengajak anak untuk lebih memperhatikan detail, sedangkan media warna lainnya memperkenalkan anak pada media lukis lainnya. 'Pepsodent dan close up pun bisa lho dibuat untuk melukis!' kata Kak Wanti.


Kelas Lukis Kak Wanti tidak bersifat instruksi, jadi Kak Wanti hanya memberikan sebuah tema. contohnya: laut...lalu ia akan menanyakan pada anak-anak apa yang ada di bawah laut, dan anak-anak dipandu untuk menggambar sesuai dengan objek yang disebutnya. Cara ini sangat cocok dengan program Saraswati karena anak ikut berpartisipasi aktif.

Kelas Multimedia fungsional diadakan sekali sebulan, dan banyak 'proyek' menarik yang sudah direncanakan oleh Kak Wanti untuk anak-anak, seperti latihan gerak motorik 3 dimensi menggunakan kawat halus (membentuk dengan kawat halus), berkarya dengan objek daur ulang, dan lainnya.

Terima kasih Kak Wanti sudah bergabung dengan Saraswati....Bagi orang tua yang ingin 'ngobrol' dengan Kak Wanti mengenai progress anak, bisa menghubungi Kak Ros untuk janjian waktu.

No comments: