Sunday, October 20, 2013

Fun Learning about Australia


Awal semester ini, topik bahasan di kelas dimulai dengan memperkenalkan benua pada anak-anak. Alat peraganya berupa puzzle benua khas Montessori. Ada juga lagunya lho! Ini dia lirik lagunya:

The Continent Song

‘North America, South America
Africa, Asia, Antartica, and Europe
subab, subab
And Australia

Anak-anak senang sekali dengan lagu yang satu ini dan sudah hafal benar (Ata sering menyanyikannya di rumah, begitu kata mama Ata). Sempet juga terjadi yang lucu..
Teacher: ada lagi nama benua yang belum disebut?
Sena: subab, subab, kak!
Tentunya teacher kemudian menjelaskan bahwa 'subab-subab' hanya sebagai pengisi irama lagunya saja.

Tema kelas kemudian kita fokuskan pada benua Australia, dan dimulai dengan pengenalan terhadap binatang khas benua Australia. Ada kanguru, emu, dingo, sugar glider, dll. Begitu melekatnya benua Australia dan binatang khasnya pada anak-anak, sehingga waktu ditanya mengenai rencana ke children’s zoo melihat kanguru:
Teacher: besok kita mau kemana?
Apta: ke Australia!

 Kunjungan melihat kanguru dan
wallaby di children's zoo Ragunan
Jakarta Selatan seru sekali lho!
(silahkan baca posting ' at children's
zoo)

Sambil menyanyikan lagu 'if you are a kiwi', anak-anak dikenalkan juga pada binatang khas New Zealand, seperti kiwi, tuatara, dan dolphin.

 


Berlanjut dengan eksplorasi mengenai binatang Australia, kakak-kakak dari komunitas pencinta sugar glider Indonesia  (KPSGI) berkunjung ke sekolah membawa binatang marsupialia kecil sugar glider yang lucu dan sangat bersahabat. Ternyata, binatang marsupialia ini juga tinggal di Indonesia, khususnya di Papua. Anak-anak membuat tower yang tinggi dari brick blocks agar si hewan bisa ‘terbang’ ke ownernya. Mereka juga memberi makan si sugar glider…Kakak dari KPSGI juga menunjukkan kantung bayinya, sangaaat kecil, bayinya pun hanya sebesar kacang hijau!

Masih ada lagi lho!…beruntung sekali,  bu Lilik, orang tua alumni Saraswati (Liam yang sekarang sudah Grade 9) bisa hadir di Saraswati untuk
sharing mengenai kekhasan Australia – diantaranya, orang Australia suka sekali barbecue bareng keluarga, dan banyak sekali pantai yang indah disana. Bu Lilik juga membawa boomerang, dan menunjukkan bagaimana memegang boomerang dengan benar – kalau lemparnya benar, boomerang bisa kembali lho ke pelemparnya!

Fun learning about Australia masih akan berlanjut selama semester ini. Berikutnya kami akan membahas mengenai 'The great barrier reef animals'. O ya, tema Parents'Day bulan Nopember nanti adalah 'continents of the world'. Jangan lupa ya parents, siap2 cari kostum berbagai negara....

No comments: