Wednesday, January 30, 2013

Kalo soal berbohong - tidak ada kompromi.

Saat bercerita mengenai ‘the adventures of mousedeer’ by aaron shepard ( Ternyata, cerita ini adalah kumpulan cerita si kancil – dari Indonesia!) Anak-anak sangat konsen mendengarkan bagaimana si kancil menipu si harimau agar tidak dimakan. Selesai cerita teacher menanyakan pada anak-anak bagaimana menurut mereka apakah kancil pintar?

 Raia: aku ngga suka sama kancil.
 Abigael: Aku sukanya sama caterpillar aja.
 Teacher: Abigael di cerita ini tidak ada ‘caterpillar’nya.
 Abigael: drama ‘caterpillar’. 
Teacher: O, drama ‘caterpillar’. Kalo Raia, kenapa tidak suka sama kancil?
 Raia: Dia kan suka bohong!
 Panji: Iya, kan kita ngga boleh bohong.
 Teacher: tapi dia bohong supaya ngga di makan sama harimau? Terus harusnya bagaimana?
 Gian: harusnya dia lari aja.
 Teacher: Kalo dia lari dikejar sama harimau. Terus bagaimana?
 Ekal: kancil kan bisa ngumpet.
 Teacher: Bagaimana teman-teman setuju? Kancil seharusnya sembunyi saja supaya tidak dimakan sama harimau, begitu kata Ekal. Beberapa anak mengangguk setuju.

 Wah, ternyata anak-anak saraswati hebat ya! Mereka tidak mau kompromi soal berbohong, dan mereka menemukan cara lain untuk menyelesaikan masalahnya!

 Teacher mengatakan bahwa cerita ini akan dibuat menjadi operet. Anak-anak pun kemudian antusias memilih peran yang ingin mereka mainkan masing-masing. Waduuh…Gian dan Ekal keduanya ingin jadi harimau, padahal perannya hanya untuk 1 anak….bagaimana ini teman-teman…dan diskusi pun berlanjut antara anak-anak dan teacher sampai tercapai kesepakatan mengenai peran yang akan dimainkan masing-masing anak.

No comments: