Saturday, July 26, 2008

Hari Tanpa TV 2008

Prasekolah Saraswati kembali dipercaya oleh YPMA untuk mengkoordinasi acara kegiatan anak sehubungan dengan Hari Tanpa TV (HTT) 2008 di Monas. Kegiatan anak tersebut merupakan satu dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan berkaitan dengan gerakan ‘Hari Tanpa TV’, yang diprakarsai oleh YPMA. Ditengah semaraknya tayangan televisi yang semakin tidak aman bagi anak-anak, gerakan ‘Hari tanpa TV’ tersebut, yang dimulai sejak tahun 2005, bertujuan untuk mengurangi ketergantungan anak-anak dan keluarga pada televisi, serta mengajak keluarga untuk bersikap lebih kritis terhadap acara televisi yang ditonton oleh anak-anak.

‘Hari tanpa TV’ dimaknai sebagai ajakan bagi keluarga-keluarga dengan anak usia playgroup sampai SD, untuk tidak mengkonsumi televisi selama sehari penuh. Ketimbang menonton televisi, mereka bisa menikmati hari Minggu mereka melalui berbagai kegiatan lainnya yang juga menarik. Supaya gerakan ini bisa lebih dari sekedar ajakan dan mencakup partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat, maka diadakan kegiatan anak di tempat umum seperti Monas.

Kegiatan anak HTT 2008, yang diadakan pada hari Minggu pagi, tanggal 20 Juli 2008 di Monas, berlangsung sangat meriah. Acara diikuti oleh sekitar 100 anak dari usia playgroup, TK sampai usia SD dari berbagai sekolah di wilayah Jakarta Barat yang memang diundang, serta anak-anak yang sedang berkunjung ke Monas bersama keluarga.

Tepat sekali, lokasi HTT 08 merupakan lokasi yang memang banyak diminati oleh keluarga dengan anak-anak kecil, sehingga mereka pun ikut berpartisipasi. Pesan-pesan mengenai perlunya sikap kritis orang tua terhadap tayangan televisi yang semakin tidak sehat bagi anak-anak, cukup mengena pada pengunjung. Ajakan-ajakan untuk mematikan televisi selama sehari penuh pada tanggal 20 Juli 2008 tersebut disambut secara positif oleh pengunjung.

Anak-anak pun sangat menikmati berbagai kegiatan yang sudah disiapkan...ada kegiatan membuat stiker, menggambar kartun, mewarnai, reading literacy, games, dan setiap anak mendapatkan hadiah untuk dibawa pulang!

SURPRISE!!!!Kejutan besar saat ibu walikota Jakarta, yang memang sedang berada di Monas, menyempatkan diri untuk berkunjung ke lokasi HTT 08. Dukungan terhadap gerakan HTT, beliau sampaikan melalui pesan-pesan pada anak-anak dan pengunjung untuk mengurangi ketergantungan pada televisi.
Begitu terkesannya dengan acara kita, bahkan ibu walikota memberikan tantangan pada panitia untuk mengadakan acara yang serupa dalam rangka Hari Ibu Desember 2008 yang akan datang..SDC

No comments: