<!--[if gte mso 9]>
‘Telling time’ merupakan salah satu topik yang cukup abstrak bagi anak-anak, apalagi bagi anak-anak playgroup yang masih berusia 3 tahun kebawah. Supaya anak-anak tidak hanya sekedar menghafal tapi memahami konsep waktu, berikut ini aktifitas kreatif yang bermakna bagi anak-anak…
Di Playgroup, teacher menyiapkan selembar kertas, setengahnya berwarna hitam, dan setengahnya putih dan beberapa gambar objek standar (matahari, awan, bulan, dan bintang) untuk ditempel sesuai dengan apakah objek tersebut terlihat di pagi hari atau malam hari. Setelah menjelaskan untuk apa kertas tersebut, teacher berdialog dengan anak-anak…
Teacher: kalo pagi ada apa saja?
Putri : ada matahari (melihat gambar yang sudah disiapkan oleh teacher)
Rayn : ada awan
Teacher: ada apa lagi? Masa sih kalo pagi hari hanya ada matahari dan awan?
Daffa: ada burung (YES! kreativitas berpikir anak-anak sudah mulai terpancing!)
Abi : ada pohon
Teacher: kalo malam ada apa?
Putri: ada bulan
Daffa: ada pasar malam (Betul sekali, Daffa!)
Rayn: ada bintang
Abi: ada kelapa jatuh ke air (Yes! Abi masih ingat cerita, ‘Chicka Chicka Boom Boom’ dan bisa mengasosiasikannya dengan dialog)
Teacher: kalo malam ada burung ngga?
Putri: ngga ada
Daffa: burungnya pulang ke rumah.
Teacher: rumahnya di mana?
Daffa: di awan
Abi: pulang ke sarang
Teacher: Sarangnya di awan?
Abi: Bukan, sarangnya di pohon.
Teacher: kalo malam gelap atau terang?
Rayn: gelap
Teacher: kalo malam di dalam rumah tetap terang, kenapa?
Putri: ada lampu!
Demikian, teacher memancing kreativitas berpikir anak-anak melalui dialog sederhana dan pelajaran ‘Telling Time’ pun menjadi lebih bermakna!
No comments:
Post a Comment