Apa lagi yang dilakukan oleh anak-anak dengan brosur supermarket?..mereka berinisiatif untuk menggunting dan menempelkannya di buku. Teacher melihat ini sebagai kesempatan yang baik untuk melatih 'reading skills' anak-anak - teacher menuliskan nama objek pada gambar secara acak dan anak-anak dengan antusias mencocokannya. Walaupun belum lancar membacanya karena kata-katanya cukup sulit, anak-anak mencocokannya dengan cara mengenal beginning sound dari kata-kata tersebut, misalnya, 'o' untuk 'orange', dan 'b' untuk 'beef'.
Masih ada lagi lho! keesokan harinya, waktu untuk latihan 'Math'. Teacher sudah mengumpulkan gambar yang digunting lengkap dengan 'harga' dalam sebuah amplop. Anak-anak secara bergilir mengambil satu gambar dari amplop dan mencoba menyusun 'ribuan, ratusan, puluhan dan satuan' dengan alat Montessori Math.
Mmmm...bermain atau belajar ya? Bagi anak-anak terasa seperti bermain. 'Making learning fun' memang ciri khas kurikulum Saraswati.
No comments:
Post a Comment